Sabtu, 7 April 2012

01 di kukup - Google Blog Search

01 di kukup - Google Blog Search


<b>Kukup</b> Nan Eksotic « Wonderful Life of Adventure

Posted: 28 Mar 2012 05:22 PM PDT

Pantai Kukup dengan berbagai Ekosistemnya menawarkan pemandangan lain dari jajaran pantai di wilayah wisata selatan Jogjakarta, mungkin bagi kita yang sudah terbiasa dengan Pantai Parangtritis dengan ombak yang menakjubkan dan kesenian khas kota jogja yang kadang dipertunjukan, adapula kita rindu ingin bermain air tapi tidak kesampaian di Pantai Parangtritis maka kita perlu mencari alternative lain. Pantai Baron , Pantai Kukup dan beberapa pantai yang eksotic lainnya. Touring kali ini kita menjelajahi selatan kota Jogjakarta. Lets go…..

Pantai ini kaya akan biota laut dan juga terkenal dengan beragam ikan hias air laut yang sangat indah di Aquarium Laut atau yang dijajakan oleh para pedagang di sepanjang pantai. Selain itu terdapat gua alam yang teduh. Selain itu jika di Bali ada Tanah Lot, di Gunung Kidul Yogyakarta ada Pantai Kukup, karena mempunyai gardu pandang yang terletak di pulau terpisah.

Pesona pantai di Yogyakarta bisa dibilang cukup banyak, ada sekitar 20 pantai yang dapat dikunjungi oleh wisatawan yang memang gemar menikmati suasana laut. Sebut saja beberapa tempat yang sudah lebih dulu terkenal seperti Parangtritis, Parangkusumo atau mungkin Glagah. Bahkan ada bebarapa pantai yang jaraknya berdekatan atau satu gugusan, sepertii Baron, Kukup, Krakal dan Drini.

Pantai Kukup adalah salah satu obyek wisata yang berada di daerah Gunungkidul Yogyakarta. Suasana eksotis akan mulai dinikmati pengunjung sebelum menuju pantai ini. Rute yang berkelok-kelok dan naik-turun akan memberikan sensasi tersendiri bagi pengunjung, terlebih suasana di kanan-kiri yang ditawarkan adalah rimbunnya pohon-pohon tropis.

Tiba di Pantai Kukup, pengunjung dijamin akan puas dengan pemandangan lanskap pantai. Hamparan air laut yang membiru di padu dengan latar langit, akan membuat pengunjung merasakan kesegaran baik mata maupun jiwa. Pantai ini menawarkan pereda stres bagi para pengunjung yang selama ini penat dengan rutinitas.

Di pantai ini terdapat pulau karang yang dihubungkan dengan jembatan. Dari atas pulau karang ini kita bisa melihat indahnya hamparan pantai yang sangat luas disertai deburan ombak yang cukup besar. Sensasi tersebut akan semakin bertambah apabila pengunjung menikmatinya bersama sanak keluarga

Pantai Kukup juga kaya akan biota laut. Selain itu juga terkenal dengan beragam ikan hias air laut yang sangat indah. Di pantai ini, pengunjung akan menjumpai aquarium laut yang secara alamiah terbentuk di karang-karang bagian pinggir pantai. Atau pengunjung bisa langsung membeli aneka makhluk laut untuk menambah koleksi akuarium air lautnya, seperti ikan hias, belut laut, bintang laut, bahkan terkadang dijual juga anak hiu.

Ragam varietas tersebut bisa juga dinikmati pengunjung di aquarium laut. Atau pengujung juga bisa menangkap sendiri biota laut tersebut dengan membeli jaring kecil yang dijajakan pedagang di pinggir pantai.

Pantai ini juga menyimpan eksotisme gua-gua karang yang teduh. Gua-gua ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berteduh apabila terik di pantai sudah munlai menyengat. Dan hampir serupa dengan di bibir pantai, gua-gua ini juga menyajikan biota laut yang terdapat di genangan air yang memasuki gua.

menggenang di air laut yang Di Pantai Kukup pengunjung harus berhati-hati sebelum menceburkan diri ke air, karena banyak karang dilaut dangkalnya.

Atau pengunjung bisa langsung membeli aneka mahluk laut untuk menambah koleksi akuarium, seperti ikan hias, belut laut, bintang laut, bahkan terkadang dijual juga anak hiu. Kawasan pantai Kukup juga merupakan percontohan penataan kawasan wisata pantai. Bahkan, Pantai Kukup menjadi pilot project untuk pengembangan dan penataan kawasan wisata pantai di Gunungkidul. Kawasan pesisir pantai Kukup dikelola secara mandiri oleh masyarakat yang tinggal di sekitar pantai Kukup. Di setiap bulan Sura di pantai ini juga diadakan Sedekah Laut tau yang akrab disebut labuhan.

Bagi para pengunjung yang memiliki keinginan untuk melanjutkan ke objek wisata alam lainnya, Pantai Kukup merupakan mata rantai dari kunjungan rekreasi ke pantai Baron, sebab jarak diantara kedua pantai tersebut lebih kurang hanya 1 kilometer, bisa ditempuh dengan jalan setapak.

Tak mau kalah, biasanya Pantai ini juga sering disambangi pengunjung yang memiliki hobi memancing. Pemancing pun mulai berdatangan untuk mengadu nasib untuk mendapatkan ikan.

Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 1 km di sebelah Timur Pantai Baron dan sekitar 25 km ke arah selatan dari Kota Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Harga tiket masuk ke Pantai Kukup yang dikenakan bagi para pengunjung adalah sebesar Rp. 2.000,

Di pantai ini juga terdapat pendopo cottege dengan fasilitas yang memadai. Sama seperti di Pantai Baron. Selain itu bagi pengunjung yang ingin membeli cinderamata, Pantai Kukup juga menyediakan pedagang ikan hias maupun terumbu karang yang dijual di sepanjang pantai.

Mungkin dalam khayalan ku Pantai Kukup ini merupakan copy paste Tanah Lot Bali dengan beberapa dinding tebing Karang yang menjulang tinggi dan satu lagi yang membuat kita tepesona adalah karang besar dengan bangunan rumah atau pondok mirip seperti replika Pura Tananh Lot.

Nah masih ada Pantai lain , berikutnya Pantai Baron……

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

ads