Isnin, 29 April 2013

01 di kukup - Google Blog Search

01 di kukup - Google Blog Search


Eksotisme Pantai <b>Kukup</b> Gunungkidul | yswitopr

Posted: 19 Apr 2013 11:15 AM PDT

2e

Semburat kemerahan menyembul di ufuk Timur. Semburat pertanda fajar mulai menyingsing. Hembusan angin pantai terasa sejuk menerpa wajah. Deburan ombak yang memecahkan batu-batu karang mengisi harmoni pagi. Pagi yang cerah menyapa di Pantai Kukup yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, bersebelahan dengan pantai Baron. Dinginnya pagi itu tak menyurutkan beberapa kerumunan orang untuk bermain di tepian pantai.

Semakin beranjak siang, pantai Kukup yang landai itu semakin dipadati pengunjung. Ada pengunjung yang naik motor. Ada yang menggunakan mobil pribadi. Tidak sedikit yang menggunakan bus pariwisata. Areal parkir yang cukup luas memberi kemungkinan lebih leluasa bagi para pengunjung. Apalagi, areal parkiran itu sangat dekat dengan tepi pantai. Tidak perlu berjalan jauh, para pengunjung akan segera sampai ke tepi pantai. Dari areal parkiran itu pun para pengunjung akan melewati warung-warung sederhana yang menjaga aneka makanan yang berbahan dasar ikan laut. Banyak juga yang menjual aneka souvenir khas yang terbuat dari berbagai jenis kerang-kerangan.

2

Sapaan ramah dari para penjual sembari menawarkan dagangan akan mampir di telinga para pengunjung. Sapaan ramah ala orang kampung yang membuat adem dan menambah kenyamanan bagi para pengunjung. Kebanyakan dari para pedagang itu adalah masyarakat sekitar lokasi pantai. "Lumayan, Mas. Apalagi ketika hasil tangkapan sedang jelek seperti sekarang. Hasil berjualan dapat dipakai untuk hidup sehari-hari," ungkap salah seorang pedagang mengenai hasil dagangannya. Musim liburan kali ini memang bukan musim panen bagi para nelayan, tetapi menjadi musim panen bagi para pedagang.

Pantai Kukup hanyalah pantai kecil di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Tetapi keindahan dan kekhasan pantai ini tidak akan dijumpai di pantai-pantai lain. Sebelum sampai di tepian pantai, para pengunjung akan melihat ada deretan gubug terbuka. Jika kita mendatangi tempat itu, para pengunjung akan melihat ada kolam-kolam kecil. Semakin mendekat, para pengunjung akan disuguhi pemandangan aneka biota laut. Berbagai jenis ikan berwarna-warni berenang kian kemari di kolam-kolam kecil yang terbuat dari plastik itu. Sebuah pemandangan yang sangat luar biasa.

2d

Dari manakah ikan-ikan yang eksotik itu? Ikan-ikan itu berasal dari perairan pantai Kukup. Inilah salah satu keunikan pantai ini. Jika tidak ingin repot para pengunjung tinggal membeli ikan yang disukai dari para pedagang. Jika beruntung, para pengunjung dapat membeli ikan hias, belut laut, bintang laut, bahkan kadang dijual juga anakan hiu laut. Jika ingin merasakan sensasi luar biasa memburu biota laut, para pengunjung tinggal membeli jaring kecil yang dijajakan di tepian pantai. Berbekal jaring kecil para pengunjung dapat menjelajah cekungan-cekungan batu karang yang landai. Dalam cekungan-cekungan karang landai itulah aneka biota laut bersembunyi.

Tentu tidak bisa setiap saat berburu dan bermain di pantai. Ketika air laut pasang, batu karang yang landai dan berhiaskan aneka jenis ganggang dan rumput laut itu akan tergenang air. Sehingga para pengunjung hanya dapat bermain di atas pasir putih yang menutupi bebatuan. Begitu air mulai surut, sedikit demi sedikit, batu karang yang landai dan menghijau itu akan tampak. Itulah saat untuk berburu aneka biota laut. Tidak perlu khawatir, batuan karang yang tampak di tepian pantai itu tidak segarang tebing-tebing pantainya. Batuan karang yang tertutup aneka tanaman laut itu sangat landai dan tidak berbahaya.

IMG_0188b

"Horeeee…. Aku dapat, Ma!" teriak seorang anak kecil dari kejauhan. Segera anak itu berlari mendekati seorang perempuan muda. Dengan bangga anak kecil itu memperlihatkan hasil tangkapannya. Perlahan-lahan diambilnya dari jaring lalu dimasukkan ke dalam kantong plastik yang telah diisinya dengan air laut. Tak lama kemudian anak kecil itu segera asyik dengan aktifitasnya, berburu ikan hias.

Dengan kondisi pantai yang seperti itu, pantai Kukup sangat recomended sebagai tempat wisata keluarga. Anak-anak dapat dibiarkan bermain di tepian pantai yang aman semabari tetap diawasi. Berburu aneka biota laut menjadi sebuah alternatif refreshing yang murah meriah sembari berbasah ria dan berteriak kegirangan ketika mendapatkan salah satu jenis ikan laut yang indah dapat menghilangkan kepenatan.

Bahkan, jika para pengunjung ingin berlama-lama di pantai ini, segala fasilitas telah ada di pantai ini. Berbagai penginapan tersedia 24 jam bagi para pengunjung. Warung-warung makanan juga tersedia sehingga para pengunjung tidak perlu takut kelaparan selama menginap di lokasi pantai Kukup ini.

Salah satu kelemahan pantai-pantai di Indonesia adalah soal kebersihan. Tidak perlu khawatir dengan persoalan ini ketika para pengunjung mengunjungi tempat ini. Pantai Kukup sangatlah bersih dan jauh dari bau amis yang menyengat. Pantai yang mungil ini justru menjadi daya tarik tersendiri karena para pengunjung dapat menjelahi pantai ini dengan lebih leluasa. Bahkan, di pantai ini pun terdapat sebuah jembatan yang menghubungkan tebing sebelah timur dengan pulau [lebih tepat disebut bongkahan karang] yang ada agak ke tengah. Pulau itu disebut pulau Jumino. Sangat sulit untuk melacak asal usul nama pulau kecil itu. Dari pulau kecil itu para pengunjung dapat menikmati terpaan angin laut sembari memandang keluasan samudra. Para pengunjung juga bisa merasakan sensasi luar biasa ketika berasakan hantaman ombak besar yang mengenai tebing karang tempat berpijak.

1

Ketika panas terik membakar kulit, para pengunjung tidak perlu khawatir. Para pengujung dapat berteduk di taman yang teduk sembari memandang ke arah laut. Selain itu, para pengunjung juga dapat bersantai ria di gua-gua alami yang berada di tebing pantai sisi Barat. Gua karang itu sangat teduh dan cukup nyaman bagi para pengunjung untuk menghindar dari sengatan sinar matahari.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

ads